Agenda Fakultas
Feb
20

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 20 Feb 2024
Laboratorium PLC (Lantai 8)
Jan
23

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 23 Jan 2024
Laboratorium Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Jan
16

SHARING SESSION "PEMODELAN SISTEM...

Selasa, 16 Jan 2024
Lab. Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Apr
05

WORKSHOP "TEKNIK MENYUSUN BUKU MO...

Rabu, 05 Apr 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
06

KULIAH TAMU DARI RITSUMEIKAN UNIV...

Senin, 06 Mar 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
02

SEMINAR PENULISAN ILMIAH BAGI MAH...

Kamis, 02 Mar 2023
Ruang Laksda Mardiono
Mar
01

PERTEMUAN DOSEN AWAL SEMESTER 22....

Rabu, 01 Mar 2023
Gedung Serba Guna
Feb
23

1 JAM BERSAMA PRAKTISI MENGAJAR

Kamis, 23 Feb 2023
online
15 Praktisi, Dalam dan Luar Negeri hadir dalam Program Praktisi Mengajar

Universitas Dinamika berhasil meraih kesempatan dalam menerima Program Praktisi Mengajar yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Tahun 2023 adalah tahun ke dua Fakultas Teknologi dan Informatika berkesempatan menghadirkan Praktisi sesuai bidangnya untuk hadir dan membersamai mahasiswa dalam proses pembelajaran. Pada tahun ke dua ini Universitas Dinamika mendapat kesempatan sebanyak 13 mata kuliah yang siap dikolaborasikan bersama praktisi ahli dalam program Praktisi Mengajar. Fakultas Teknologi dan Informatika berhasil mendapatkan 12 dari 13 kelas yang lolos dalam program ini, masing-masing 2 matakuliah dari Prodi S1 Teknik Komputer yaitu untuk matakuliah Infrastruktur IoT dan Jaringan Komputer Dasar. Prodi S1 Sistem Informasi mendapatkan kesempatan untuk 5 matakuliah yaitu Basis Data, Jaringan dan Komunikasi Data, Kecerdasan Bisnis, Pemrograman Web Dasar, dan Sistem Informasi Manajemen. Sedangkan Prodi Vokasi atau DIII Sistem informasi mengalami kenaikan jumlah matakuliah dari tahun sebelumnya menjadi 5 matakuliah antara lain Bahasa Pemrograman, Jaringan Komputer, Pemrograman Basis Data, Uji dan Implementasi, dan Proyek Akhir. Kehadiran praktisi ini  diharapkan dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik dan lebih relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan industri, meningkatkan kolaborasi antara praktisi ahli dengan dosen dalam memberikan pengajaran dan berbagi pengalaman baik di dunia kerja sesuai dengan profesi masing-masing.

 

Tri Sagirani, S.Kom., M.MT selaku Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika menyampaikan apresiasi untuk para dosen yang telah berusaha untuk mengikuti dan melewati seluruh rangkaian seleksi yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program Praktisi Mengajar ini dilaksanakan untuk menutup kesenjangan kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja, mendorong kolaborasi perguruan tinggi dan industri dalam menyelenggarakan pembelajaran praktis dan aplikatif, serta meningkatkan relevansi skill lulusan perguruan tinggi Indonesia dengan kebutuhan dunia kerja dan industri ujarnya disela-sela diskusi bersama tim dosen yang akan melaksanakan program ini.

 

Dalam program ini, Universitas Dinamika menunjuk Sri Hariani Eko Wulandari, S.Kom., M.MT sebagai koordinator perguruan tinggi, yang bertugas untuk mengawal dan memastikan program ini berjalan dengan baik, Bu Yani sapaan akrab beliau menyampaikan bahwa melalui program ini, Universitas Dinamika berhasil menempatkan 15 praktisi ahli untuk turut membersamai pembelajaran mahasiswa di kelas. Praktisi yang terpilih akan bekerja sama dengan dosen pengampu matakuliah, dimana setiap kelas akan memiliki satu atau dua praktisi. Instansi asal dan keahlian praktisi sangat beragam, ada yang berasal dari instansi pemerintahan, sampai pada perusahaan multinasional, mulai dari yang berasal dari kota Surabaya, Jakarta sampai yang berdomisili di Berlin, Jerman. Diakhir diskusi Bu Yani selaku koordinator juga mengajak semua dosen dan mahasiswa untuk turut serta menyukseskan program ini dan memanfaatkan kehadiran Praktisi ini menjadi kesempatan yang baik untuk menimba ilmu. Diharapkan program Praktisi Mengajar ini dapat membawa manfaat bagi para mahasiswa Universitas Dinamika, khususnya untuk mahasiswa di Fakultas  Teknologi dan Informatika dan juga meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi Indonesia secara keseluruhan. (_rani)