Agenda Fakultas
Feb
20

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 20 Feb 2024
Laboratorium PLC (Lantai 8)
Jan
23

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 23 Jan 2024
Laboratorium Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Jan
16

SHARING SESSION "PEMODELAN SISTEM...

Selasa, 16 Jan 2024
Lab. Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Apr
05

WORKSHOP "TEKNIK MENYUSUN BUKU MO...

Rabu, 05 Apr 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
06

KULIAH TAMU DARI RITSUMEIKAN UNIV...

Senin, 06 Mar 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
02

SEMINAR PENULISAN ILMIAH BAGI MAH...

Kamis, 02 Mar 2023
Ruang Laksda Mardiono
Mar
01

PERTEMUAN DOSEN AWAL SEMESTER 22....

Rabu, 01 Mar 2023
Gedung Serba Guna
Feb
23

1 JAM BERSAMA PRAKTISI MENGAJAR

Kamis, 23 Feb 2023
online
Serunya Belajar Elektronika Bersama Laboran Sistem Informasi

Jumat (11/8/23), Para staff Laboratorium Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) Universitas Dinamika Kembali mengadakan “Update Ilmu” yang mana pada hari ini mengambil materi mengenai ilmu Elektronika. Elektronika sendiri biasanya di pelajari oleh mahasiswa jurusan Teknik Komputer di Universitas Dinamika. Pengajar praktikum Elektronika ini biasanya staff Laboratorium Teknik Komputer yang tergabung dalam kesatuan Laboratorium FTI. 

Hari ini, staff laboratorium dari jurusan lain seperti Sistem Informasi pun akan belajar juga mengenai Elektronika. Mulai dari materi dasar mengenai Hukum Ohm, pengenalan komponen elektronika sederhana, sampai merangkai suatu rangkaian sederhana seperti menyalakan lampu dan mengukur tegangan dan arus yang melewati rangkaian. Pemateri yang mengajarkan mengenai Elektronika ini adalah Ibu Eka Sari Oktarina, S.Kom., M.Eng  selaku staff Laboratorium Teknik Komputer yang sudah berpengalaman menjadi pengajar di praktikum Elektronika, Sistem Kontrol, maupun Mikrokontroler.

Pertama yang dipelajari dalam kegiatan “Update Ilmu” ini adalah materi dasar mengenai Hukum Ohm dimana ini menjadi dasar dalam merangkai suatu rangkaian elektronika. Pada materi ini dijelaskan mengenai Tegangan, Hambatan dan Arus Listrik. Bagaimana proses untuk dapat menghasilkan suatu nilai tegangan yang diinginkan dengan mengubah komponen resistor yang ada. Setelah mengetahui materi ini dan komponen yang digunakan, para staff laboran juga dijarakan bagaimana menggunakan VoltMeter untuk mengukur tegangan ataupun arus yang ada pada suatu komponen atau rangkaian elektronika yang sudah dibuat sebagai contoh. Pembelajaran terakhir, bagaimana merangkai suatu rangkaian elektronika sederhana menggunakan Pudak dan komponennya. Disini para laboran merangkai rangkaian yang memanfaatkan lampu sebagai output yang dapat diatur redup tidaknya nyala lampu menggunakan berbagai komponen resistor sebagai pengaturnya.




Kegiatan ini sangat dinikmati oleh seluruh staff laboratorium dikarenakan ilmu yang dipelajari termasuk hal baru bagi staff Laboratorium Sistem Informasi. Banyak yang tahu komponen elektronika akan tetapi tidak banyak yang tahu fungsi dan penerapannya di ilmu Teknik. Semoga kedepannya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para staff laboratorium yang ingin mengembangkan ilmunya ataupun dalam kehidupan sehari-hari agar lebih dapat memilih komponen mana yang harus digunakan atau dimanfaatkan untuk barang elektronik rumah. (Fin)