Agenda Fakultas
Feb
20

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 20 Feb 2024
Laboratorium PLC (Lantai 8)
Jan
23

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 23 Jan 2024
Laboratorium Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Jan
16

SHARING SESSION "PEMODELAN SISTEM...

Selasa, 16 Jan 2024
Lab. Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Apr
05

WORKSHOP "TEKNIK MENYUSUN BUKU MO...

Rabu, 05 Apr 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
06

KULIAH TAMU DARI RITSUMEIKAN UNIV...

Senin, 06 Mar 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
02

SEMINAR PENULISAN ILMIAH BAGI MAH...

Kamis, 02 Mar 2023
Ruang Laksda Mardiono
Mar
01

PERTEMUAN DOSEN AWAL SEMESTER 22....

Rabu, 01 Mar 2023
Gedung Serba Guna
Feb
23

1 JAM BERSAMA PRAKTISI MENGAJAR

Kamis, 23 Feb 2023
online
Kunjungan dari Profesor Chukyo University Jepang Pembuat Robot Gundam

Rabu (23/8/23), Universitas Dinamika mendapat kunjungan dari Prof. Pitoyo Peter Hartono. Prof. Pitoyo sendiri merupakan seorang professor department Teknik elektro dan elektronika dari Universitas Chukyo Jepang. Selain sebagai professor di Chukyo University, Prof. Pitoyo juga bekerja sebagai peneliti di Institute for Human Robot Co-Creation di Waseda University yang merupakan almamater dari beliau. Beliau juga terlibat dalam project pembuatan robot Gundam pada tahun 2020.

Agenda kunjungan dari Prof. Pitoyo sendiri adalah berkeliling Universitas Dinamika serta berbagi ilmu mengenai Robotika dengan Dosen serta Mahasiswa baru di Universitas Dinamika. Seminar mengenai Robotika ini dilaksanakan di Arena Prestasi lantai 9 Universitas Dinamika. Dalam kesempatan ini, Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Dinamika, Ibu Tri Sagirani, S.Kom., M.MT. menjadi moderator dari seminar ini.

 


Dalam seminar ini, Prof. Pitoyo menjelaskan bahwa beliau sangat termotivasi dengan Doraemon. Sehingga beliau memiliki pemikiran “Bagaimana menciptakan atau membuat robot seperti Doraemon dan membuat sebanyak mungkin alat-alat yang dapat keluar dari kantong Doraemon”. Dengan motivasi yang kuat ini beliau mulai membuat robot hingga terlibat dalam proyek pembuatan Robot Raksasa Gundam yang berukuran sekitar 18 meter dan dapat bergerak layaknya manusia. Untuk membuat robot yang dapat bergerak layaknya manusia, beliau menjelaskan prosesnya tidak cepat butuh waktu untuk masing-masing komponen dapat beradaptasi dan belajar untuk membuat pola agar dapat bergerak sesuai dengan yang diinginkan.

 

Sebelum melakukan seminar, Prof. Pitoyo juga berkeliling ke beberapat tempat seperti Museum Technoform, Perpustakaan, Laboratorium Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) lantai 8 dan beberapa tempat lainnya. Saat berkeliling ke Laboratorium FTI, menurut beliau banyak peralatan yang sama seperti yang ada di Universitas Chukyo Jepang seperti peralatan elektronika dan Arduino yang digunakan untuk membuat robot sederhana.

"Dunia Tidak Peduli pada Anda" adalah salah satu kutipan dari Prof. Pitoyo yang sangat saya suka karena tidak semua orang akan melihat pencapaian ataupun kekurangan Anda. Apabila Anda tidak bekerja keras untuk hidup Anda sendiri, dunia tidak akan menunggu Anda untuk sukses. (Fin)