Agenda Fakultas
Feb
20

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 20 Feb 2024
Laboratorium PLC (Lantai 8)
Jan
23

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 23 Jan 2024
Laboratorium Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Jan
16

SHARING SESSION "PEMODELAN SISTEM...

Selasa, 16 Jan 2024
Lab. Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Apr
05

WORKSHOP "TEKNIK MENYUSUN BUKU MO...

Rabu, 05 Apr 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
06

KULIAH TAMU DARI RITSUMEIKAN UNIV...

Senin, 06 Mar 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
02

SEMINAR PENULISAN ILMIAH BAGI MAH...

Kamis, 02 Mar 2023
Ruang Laksda Mardiono
Mar
01

PERTEMUAN DOSEN AWAL SEMESTER 22....

Rabu, 01 Mar 2023
Gedung Serba Guna
Feb
23

1 JAM BERSAMA PRAKTISI MENGAJAR

Kamis, 23 Feb 2023
online
Sharing Session Perdana: Pemodelan Sistem Informasi Berbasis OO Menggunakan UML 2.0

Selasa (16/01/24), Laboran Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) Universitas Dinamika (Undika) mengadakan sesi “Sharing Ilmu” bagi seluruh civitas Undika. Kegiatan ini terbuka untuk segala lini, baik dari karyawan, dosen, maupun mahasiswa dari segala jurusan dapat mengikuti Kegiatan ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan bagi teman-teman yang ingin belajar lebih dalam atau tidak mendapat pembelajaran di perkuliahan mengenai topik yang diusung. Sharing Session nantinya akan diadakan secara rutin setiap hari selasa tiap minggunya.

“Pemodelan Sistem Informasi Berbasis OO Menggunakan UML 2.0” menjadi topik atau pembelajaran pertama di Sharing Session kali ini. Unified Modeling Language (UML) adalah sebuah bahasa standar untuk memodelkan dan mendokumentasikan perangkat lunak. UML memberikan notasi dan metode untuk merancang dan menggambarkan struktur dan perilaku sistem perangkat lunak. Dikembangkan oleh Object Management Group (OMG), UML menjadi alat komunikasi yang efektif di antara para pemangku kepentingan dalam pengembangan perangkat lunak, termasuk pengembang, analis sistem, dan manajer proyek.

Pak Teguh Sutanto selaku “Pengajar”  dalam sharing hari ini memulai pembelajaran dari dasar UML hingga praktik pembuatan diagram sederhana menggunakan UML 2.0. Beliau menjelaskan apa itu UML dan contoh penerapan di dunia nyata seperti dan untuk apa. Bagi peserta sharing ilmu yang belum pernah diajarkan mengenai Sistem Informasi menggunakan UML tentunya sangat antusias pada sistem UML ini karena ini suatu hal baru. Salah satu peserta berkata “Saya baru tahu ternyata untuk membuat suatu sistem informasi tidak hanya langsung sat set membuat program saja, ada diagram blok atau alur secara detail yang memudahkan kita ya”.

Selain menjelaskan apa itu UML 2.0, beliau juga mengajarkan kita bagaimana cara menggunakan software UML itu sendiri. Mulai dari penginstalan hingga membuat diagram blok sederhana mengenai sistem informasi yang akan dibuat. Dengan praktik secara langsung memudahkan kita untuk lebih tahu fungsi-fungsi dari software itu. Dan lagi dapat lebih meningkatkan rasa penasaran untuk mencoba lebih banyak membuat diagram blok sebelum membuat program nantinya. Semoga dengan adanya sharing ilmu mengenai UML 2.0 ini dapat mempermudah Civitas Undika maupun teman-teman programmer untuk membuat desain sistem informasi yang diinginkan. (Fin)