Agenda Fakultas
Feb
20

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 20 Feb 2024
Laboratorium PLC (Lantai 8)
Jan
23

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 23 Jan 2024
Laboratorium Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Jan
16

SHARING SESSION "PEMODELAN SISTEM...

Selasa, 16 Jan 2024
Lab. Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Apr
05

WORKSHOP "TEKNIK MENYUSUN BUKU MO...

Rabu, 05 Apr 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
06

KULIAH TAMU DARI RITSUMEIKAN UNIV...

Senin, 06 Mar 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
02

SEMINAR PENULISAN ILMIAH BAGI MAH...

Kamis, 02 Mar 2023
Ruang Laksda Mardiono
Mar
01

PERTEMUAN DOSEN AWAL SEMESTER 22....

Rabu, 01 Mar 2023
Gedung Serba Guna
Feb
23

1 JAM BERSAMA PRAKTISI MENGAJAR

Kamis, 23 Feb 2023
online
Sharing Session: Dasar Pemrograman Python

Selasa (23/01/24), Laboran Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) Universitas Dinamika (Undika) Kembali mengadakan sesi “Sharing Ilmu” bagi seluruh civitas Undika. Sharing Session ini akan diadakan secara rutin setiap hari Selasa. Untuk kesempatan kali ini, Kegiatan ini akan mengangkat topik mengenai Dasar Pemrograman Python oleh Bapak Rachmad Tulus Suryono, S.Kom., M.M.

Python, sebuah bahasa pemrograman yang didesain untuk menjadi mudah dipahami dan diterapkan, telah menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia. Diciptakan oleh Guido van Rossum pada tahun 1991, Python menjadi pilihan utama bagi berbagai pengembangan perangkat lunak, dari aplikasi web, analisis data, kecerdasan buatan, pengembangan game, dan banyak lagi. Beberapa karakteristik utama dari Python meliputi: 1. Sintaks yang bersahabat dan mudah dipahami. Maksudnya sintaks penulisan program python memungkinkan programmer untuk menulis dengan lebih sedikit baris kode dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.  2 Interpretatif dan Portabilitas, python dapat dijalankan tanpa perlu kompilasi terlebih dahulu dan memungkinkan programmer untuk menguji code program dengan cepat. Python juga mendukung berbagai platform termasuk Windows, MacOS dan Linux. 3. Dukungan untuk Berbagai Gaya, python mendukung berbagai paradigma pemrograman, termasuk pemrograman berorientasi objek, fungsional, dan berbasis peristiwa. 4. Ekosistem yang Kaya dan Kuat, Python memiliki berbagai pustaka dan framework yang memudahkan pengembangan aplikasi. 5. Kecerdasan Buatan dan Machine, TensorFlow dan PyTorch, dua framework deep learning populer, mendukung Python sebagai bahasa utama, memungkinkan pengembang untuk membuat dan melatih model dengan mudah.

Dengan keunggulan yang dimiliki oleh Python, menjadi salah satu alasan untuk mempelajari bahasa pemrograman ini. Selain itu, python juga menjadi bahasa permrograman yang digunakan di Jurusan yang ada di FTI Universitas Dinamika. Kesempatan kali ini, pengajar yang akrab di panggil dengan Pak Tulus ini mengajarkan peserta mengenai dasar pemrograman python. Peserta dijelaskan dan dibimbing mengenai bagaimana instalasi serta penggunaan program python ini.

 

Tahap awal sharing session ini diawali dengan bagaimana cara instalasi program python agar nantinya dapat digunakan sebagaimana mestinya. Setelah itu, materi yang sangat ditunggu-tunggu oleh peserta yaitu bagaimana menulis program menggunakan bahasa pemrograman python ini. Dijelaskan oleh Pak Tulus bahwa python ini dapat dijalankan di beberapa text editor seperti Notepad++ ataupun Visual Studio Code (VSCode). Dua text editor ini adalah yang paling popular dikalangannya. Cara penulisan kode program di kedua text editor pun sama, hanya saja yang membedakan adalah command line yang digunakan untuk menguji program tersebut. VSCode memiliki command line yang dapat diakses secara langsung melalui text editor itu sendiri. Berbeda dengan Notepad++ yang menggunakan Command Prompt bawaan Windows sebagai penampil dari kode program yang sedang diuji.

Materi yang diajarkan dalam pemrograman python ini meliputi input dan output data, percabangan dan perulangan. Untuk logika dari semua bahasa pemrograman sebenernya sama saja hanya cara penulisan program saja yang berberda tergantu dari bahasa pemrograman yang digunakan. Dengan sharing session mengenai dasar pemrograman menggunakan python ini diharapkan dapat lebih memperkaya kita atau peserta mengenai bahasa pemrograman yang umum digunakan di dunia IT. (Fin)