KULIAH TAMU DIII SI
Senin, 16 Dec 2024Ruang Laksda Mardiono Lantai 1
Kamis (25/01/24), Universitas Dinamika mendapat kunjungan dari SMK
Tanada. Sebanyak 60 siswa dan 5 Guru Pendamping dari jurusan Desain Komunikasi
Visual (DKV) ini melakukan tour the campus dan workshop. Workshop yang diadakan
mengangkat topik mengenai Desain UI/UX bagi Pemula. User Interface atau yang
lebih familiar di sebut UI difokuskan pada desain visual antarmuka yang digunakan
pengguna untuk berinteraksi dengan produk atau sistem. Sedangkan User
Experience atau UX difokuskan pada pengalaman holistik seputar produk atau
layanan, dengan mempertimbangkan pengguna, sistem, dan konteks.
Workshop kali ini dibagi menjadi 2 kelas dimana masing-masing
kelas didampingi oleh Dosen Undika khususnya Dosen Fakultas Teknologi dan
Informatika (FTI) yang berpengalaman mengenai Desain UI/UX ini. Kelas pertama dipandu
oleh Bapak Erwin Erwin Sutomo, S.Kom., M.Eng. dan Bapak Teguh Sutanto, M.Kom. Kelas
kedua dipandu oleh Bapak Edo Yonatan Koentjoro, S.Kom., S.Th., M.Sc. dan Ibu A.
B. Tjandrarini, S.Si., M.Kom. Para siswa dan guru yang mengikuti workshop ini
diajarkan mengenai apa Desain UI/UX lalu mendesain langsung menggunakan Figma.
Figma sendiri adalah platform desain kolaboratif berbasis cloud yang digunakan oleh desainer untuk membuat, mengedit, dan berbagi desain produk digital. Ini adalah alat yang populer dalam industri desain UX/UI dan membantu tim desain bekerja bersama secara efisien. Figma telah menjadi pilihan utama bagi banyak desainer dan tim desain karena kemampuannya untuk memfasilitasi kolaborasi tim, kemudahan penggunaan, dan fleksibilitas dalam pembuatan desain dan prototipe.
Pertama siswa akan diajarkan bagaimana cara menggunakan Figma yang
dapat diakses melalui web. Setelah masuk ke Figma, siswa dikenalkan berbagai
macam fitur yang dapat digunakan untuk mendesain sebuah aplikasi. Tentunya untuk
masalah desain mendesain, siswa jurusan DKV sudah tidak diragukan lagi. Nah dengan
kemampuan siswa DKV dalam mendesain sesuatu, kita tuangkan ide tersebut ke
dalam bentuk interface sebuah aplikasi agar terlihat lebih menarik dan memudahkan
user dalam menggunakan aplikasi itu nantinya. Diharapkan semoga dengan adanya
workshop mengenai Desain UI/UX menggunakan Figma ini dapat membantu para siswa
untuk mengembangkan bakat dan minatnya dalam bidang desain, dan dapat
menuangkan ide dan informasi terkait elemen visual menjadi interface sebuah
aplikasi yang menarik dan informatif. (Fin)