Agenda Fakultas
Dec
16

KULIAH TAMU DIII SI

Senin, 16 Dec 2024
Ruang Laksda Mardiono Lantai 1
Nov
13

INTERNATIONAL CLASS UNDIKA -RITSU...

Rabu, 13 Nov 2024
Lantai 3 Gedung Biru
Nov
08

KOORDINASI PROGRAM STUDI S1 TEKNI...

Jumat, 08 Nov 2024
Ruang rapat Gedung Merah Lantai 2
Oct
28

UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA

Senin, 28 Oct 2024
Halaman Parkir Universitas Dinamika
Nov
07

INAGURASI SIGN IN

Kamis, 07 Nov 2024
Arena Prestasi Lantai 9
Oct
11

SOSIALISASI PROGRAM STUDI S1 SIST...

Jumat, 11 Oct 2024
Ruang Laksda Mardiono Lantai 1
Oct
09

KELAS INTERNASIONAL BERSAMA RITSU...

Rabu, 09 Oct 2024
Ruang Kelas Lantai 3 Gedung Biru
Oct
04

WELCOME AND FAREWELL PARTY PRODI...

Jumat, 04 Oct 2024
Ruang Laksda Mardiono Lantai 1
KUNJUNGAN DAN WORKSHOP SMK TANADA

Kamis (25/01/24), Universitas Dinamika mendapat kunjungan dari SMK Tanada. Sebanyak 60 siswa dan 5 Guru Pendamping dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini melakukan tour the campus dan workshop. Workshop yang diadakan mengangkat topik mengenai Desain UI/UX bagi Pemula. User Interface atau yang lebih familiar di sebut UI difokuskan pada desain visual antarmuka yang digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan produk atau sistem. Sedangkan User Experience atau UX difokuskan pada pengalaman holistik seputar produk atau layanan, dengan mempertimbangkan pengguna, sistem, dan konteks.

Workshop kali ini dibagi menjadi 2 kelas dimana masing-masing kelas didampingi oleh Dosen Undika khususnya Dosen Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) yang berpengalaman mengenai Desain UI/UX ini. Kelas pertama dipandu oleh Bapak Erwin Erwin Sutomo, S.Kom., M.Eng. dan Bapak Teguh Sutanto, M.Kom. Kelas kedua dipandu oleh Bapak Edo Yonatan Koentjoro, S.Kom., S.Th., M.Sc. dan Ibu A. B. Tjandrarini, S.Si., M.Kom. Para siswa dan guru yang mengikuti workshop ini diajarkan mengenai apa Desain UI/UX lalu mendesain langsung menggunakan Figma.

Figma sendiri adalah platform desain kolaboratif berbasis cloud yang digunakan oleh desainer untuk membuat, mengedit, dan berbagi desain produk digital. Ini adalah alat yang populer dalam industri desain UX/UI dan membantu tim desain bekerja bersama secara efisien. Figma telah menjadi pilihan utama bagi banyak desainer dan tim desain karena kemampuannya untuk memfasilitasi kolaborasi tim, kemudahan penggunaan, dan fleksibilitas dalam pembuatan desain dan prototipe.






Pertama siswa akan diajarkan bagaimana cara menggunakan Figma yang dapat diakses melalui web. Setelah masuk ke Figma, siswa dikenalkan berbagai macam fitur yang dapat digunakan untuk mendesain sebuah aplikasi. Tentunya untuk masalah desain mendesain, siswa jurusan DKV sudah tidak diragukan lagi. Nah dengan kemampuan siswa DKV dalam mendesain sesuatu, kita tuangkan ide tersebut ke dalam bentuk interface sebuah aplikasi agar terlihat lebih menarik dan memudahkan user dalam menggunakan aplikasi itu nantinya. Diharapkan semoga dengan adanya workshop mengenai Desain UI/UX menggunakan Figma ini dapat membantu para siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya dalam bidang desain, dan dapat menuangkan ide dan informasi terkait elemen visual menjadi interface sebuah aplikasi yang menarik dan informatif. (Fin)