Agenda Fakultas
Feb
20

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 20 Feb 2024
Laboratorium PLC (Lantai 8)
Jan
23

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 23 Jan 2024
Laboratorium Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Jan
16

SHARING SESSION "PEMODELAN SISTEM...

Selasa, 16 Jan 2024
Lab. Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Apr
05

WORKSHOP "TEKNIK MENYUSUN BUKU MO...

Rabu, 05 Apr 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
06

KULIAH TAMU DARI RITSUMEIKAN UNIV...

Senin, 06 Mar 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
02

SEMINAR PENULISAN ILMIAH BAGI MAH...

Kamis, 02 Mar 2023
Ruang Laksda Mardiono
Mar
01

PERTEMUAN DOSEN AWAL SEMESTER 22....

Rabu, 01 Mar 2023
Gedung Serba Guna
Feb
23

1 JAM BERSAMA PRAKTISI MENGAJAR

Kamis, 23 Feb 2023
online
KUNJUNGAN DAN WORKSHOP SMK TANADA

Kamis (25/01/24), Universitas Dinamika mendapat kunjungan dari SMK Tanada. Sebanyak 60 siswa dan 5 Guru Pendamping dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini melakukan tour the campus dan workshop. Workshop yang diadakan mengangkat topik mengenai Desain UI/UX bagi Pemula. User Interface atau yang lebih familiar di sebut UI difokuskan pada desain visual antarmuka yang digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan produk atau sistem. Sedangkan User Experience atau UX difokuskan pada pengalaman holistik seputar produk atau layanan, dengan mempertimbangkan pengguna, sistem, dan konteks.

Workshop kali ini dibagi menjadi 2 kelas dimana masing-masing kelas didampingi oleh Dosen Undika khususnya Dosen Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) yang berpengalaman mengenai Desain UI/UX ini. Kelas pertama dipandu oleh Bapak Erwin Erwin Sutomo, S.Kom., M.Eng. dan Bapak Teguh Sutanto, M.Kom. Kelas kedua dipandu oleh Bapak Edo Yonatan Koentjoro, S.Kom., S.Th., M.Sc. dan Ibu A. B. Tjandrarini, S.Si., M.Kom. Para siswa dan guru yang mengikuti workshop ini diajarkan mengenai apa Desain UI/UX lalu mendesain langsung menggunakan Figma.

Figma sendiri adalah platform desain kolaboratif berbasis cloud yang digunakan oleh desainer untuk membuat, mengedit, dan berbagi desain produk digital. Ini adalah alat yang populer dalam industri desain UX/UI dan membantu tim desain bekerja bersama secara efisien. Figma telah menjadi pilihan utama bagi banyak desainer dan tim desain karena kemampuannya untuk memfasilitasi kolaborasi tim, kemudahan penggunaan, dan fleksibilitas dalam pembuatan desain dan prototipe.






Pertama siswa akan diajarkan bagaimana cara menggunakan Figma yang dapat diakses melalui web. Setelah masuk ke Figma, siswa dikenalkan berbagai macam fitur yang dapat digunakan untuk mendesain sebuah aplikasi. Tentunya untuk masalah desain mendesain, siswa jurusan DKV sudah tidak diragukan lagi. Nah dengan kemampuan siswa DKV dalam mendesain sesuatu, kita tuangkan ide tersebut ke dalam bentuk interface sebuah aplikasi agar terlihat lebih menarik dan memudahkan user dalam menggunakan aplikasi itu nantinya. Diharapkan semoga dengan adanya workshop mengenai Desain UI/UX menggunakan Figma ini dapat membantu para siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya dalam bidang desain, dan dapat menuangkan ide dan informasi terkait elemen visual menjadi interface sebuah aplikasi yang menarik dan informatif. (Fin)