INTERNATIONAL CLASS UNDIKA -RITSU...
Rabu, 13 Nov 2024Lantai 3 Gedung Biru
Masih dalam serangkaian webinar series,kali ini program
studi S1 Sistem Informasi mengusung tema"Object Oriented
Design" yang dibawakan oleh Ibu Pradita Maulidya
Efendi, M.Kom. Dosen S1 Sistem Informasi ini memaparkan sejumlah materi yang
bisa dibilang cukup menarik untuk disimak dan dipelajari. Webinar yang
berlangsung dari pukul 18.30 - 20.00 WIB ini dipandu oleh Bapak Yoppy Mirza
Maulana, S.Kom., M.MT.
Adapun garis besar dari isi materi tersebut adalah :
1. Konsep dari Object Oriented Design (OOD)
2. Tujuh (7) prinsip Object Oriented Design (OOD)
3. S.O.L.I.D (Single. Open/Closed. Liskov Subtitution.
Interface Segregation, Dependencies Inversion)
4. U.M. L (Unified
Modelling Languange)
Masuk ke lingkup pembahasannya, prinsip dasar dari OOD ini ada beberapa tahapan yakni:
1. Encapsulation merupakan proses dimana sebuah penanganan data ditempatkan di dalam wadah tunggal yang disebut class. Saat menggunakan capsulation, data dapat diisolasi dan tidak dapat diakses dari luar.
2. Abstraction adalah mekanisme saat proses dalam sebuah objek disembunyikan, mirip dengan capsulation, namun Abstraction berfokus pada apa yang dilakukan objek tanpa harus mengetahui apa yang dilakukan.
3. Inherintance dapat didefinisikan sebagai proses dimana suatu objek memperoleh sifat dan perilaku dari objek lainnya.
4. Polymorphism merupakan kemampuan objek, variable,atau fungsi yang dapat memiliki berbagai bentuk.
5. Modularity adalah prinsip desain yang membagi system menjadi modul-modul independen yang lebih kecil berdasarkan fungsionalitas.
6. Association, Aggregation, Composition. Association merupakan relasi dari 2 komponen atau lebih. Aggregation adalah jenis asosiasi khusus yang mewakili hubungan “memiliki’, dimana simbol diamond putih digunakan untuk mengarah pada class yang memiliki. Composition melibatkan ketergantungan siklus hidup yang kuat antar objek.
7. Coupling and Cohesion adalah prinsip yang berkaitan dengan perorganisasian objek dan interaksinya.
Sementara S.O.L.I.D design principle untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan tujuan kode yang kita buat dapat dengan mudah di ekstensi dan dipertahankan serta komponen dasarnya dapat digunakan kembali dalam bentuk software system yg lain.
Sedangkan U.M.L itu sendiri adalah nota grafis yang
terdiri dari beberapa diagram untuk memodelkan perangkat lunak terdiri dari Use Case, Class Diagram, Sequence
Diagram, Activity Diagram, Statechart Diagram(krl)