Agenda Fakultas
Nov
13

INTERNATIONAL CLASS UNDIKA -RITSU...

Rabu, 13 Nov 2024
Lantai 3 Gedung Biru
Nov
08

KOORDINASI PROGRAM STUDI S1 TEKNI...

Jumat, 08 Nov 2024
Ruang rapat Gedung Merah Lantai 2
Oct
28

UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA

Senin, 28 Oct 2024
Halaman Parkir Universitas Dinamika
Nov
07

INAGURASI SIGN IN

Kamis, 07 Nov 2024
Arena Prestasi Lantai 9
Oct
11

SOSIALISASI PROGRAM STUDI S1 SIST...

Jumat, 11 Oct 2024
Ruang Laksda Mardiono Lantai 1
Oct
09

KELAS INTERNASIONAL BERSAMA RITSU...

Rabu, 09 Oct 2024
Ruang Kelas Lantai 3 Gedung Biru
Oct
04

WELCOME AND FAREWELL PARTY PRODI...

Jumat, 04 Oct 2024
Ruang Laksda Mardiono Lantai 1
Sep
23

PERKULIAHAN AWAL SEMESTER 24.1

Senin, 23 Sep 2024
Universitas Dinamika
Metode Pemograman Berorientasi pada Objek

Masih dalam serangkaian webinar series,kali ini program studi S1 Sistem Informasi mengusung tema"Object Oriented Design" yang dibawakan oleh Ibu Pradita Maulidya Efendi, M.Kom. Dosen S1 Sistem Informasi ini memaparkan sejumlah materi yang bisa dibilang cukup menarik untuk disimak dan dipelajari. Webinar yang berlangsung dari pukul 18.30 - 20.00 WIB ini dipandu oleh Bapak Yoppy Mirza Maulana, S.Kom., M.MT. 

Adapun garis besar dari isi materi tersebut adalah :

1. Konsep dari Object Oriented Design (OOD)

2. Tujuh (7) prinsip Object Oriented Design (OOD)

3. S.O.L.I.D (Single. Open/Closed. Liskov Subtitution. Interface Segregation, Dependencies Inversion)  

4. U.M. L (Unified Modelling Languange)

Masuk ke lingkup pembahasannya, prinsip dasar dari OOD ini ada beberapa tahapan yakni:

1. Encapsulation merupakan proses dimana sebuah  penanganan data ditempatkan di dalam wadah tunggal yang disebut class. Saat menggunakan capsulation, data dapat diisolasi dan tidak dapat diakses dari luar.

2. Abstraction adalah mekanisme saat proses dalam sebuah objek disembunyikan, mirip dengan capsulation, namun Abstraction berfokus pada apa yang dilakukan objek tanpa harus mengetahui apa yang dilakukan.

3. Inherintance dapat didefinisikan sebagai proses dimana suatu objek memperoleh sifat dan perilaku dari objek lainnya.

4. Polymorphism merupakan kemampuan objek, variable,atau fungsi yang dapat memiliki berbagai bentuk.

5. Modularity adalah prinsip desain yang membagi system menjadi modul-modul independen yang lebih kecil berdasarkan fungsionalitas.

6.  Association, Aggregation, Composition. Association merupakan relasi dari 2 komponen atau lebih. Aggregation adalah jenis asosiasi khusus yang mewakili hubungan “memiliki’, dimana simbol diamond putih digunakan untuk mengarah pada class yang memiliki. Composition melibatkan ketergantungan siklus hidup yang kuat antar objek.

7. Coupling and Cohesion adalah prinsip yang berkaitan dengan perorganisasian objek dan interaksinya.

Sementara S.O.L.I.D design principle untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan tujuan kode yang kita buat dapat dengan mudah di ekstensi dan dipertahankan serta komponen dasarnya dapat digunakan kembali dalam bentuk software system yg lain.

Sedangkan U.M.L itu sendiri adalah nota grafis yang terdiri dari beberapa diagram untuk memodelkan perangkat lunak terdiri dari Use Case, Class Diagram, Sequence Diagram, Activity Diagram, Statechart Diagram(krl)