Agenda Fakultas
Jul
23

ASESMEN LAPANGAN AKREDITASI LAMIN...

Rabu, 23 Jul 2025
Universitas Dinamika
May
09

PENGUKUHAN GURU BESAR BIDANG PEND...

Jumat, 09 May 2025
Jun
30

PELATIHAN DILI INSTITUTE OF TECHN...

Senin, 30 Jun 2025
Jun
20

RATIN JUNI 2025

Jumat, 20 Jun 2025
Jun
16

WEBINAR NASIONAL “FUTURE BUSINESS...

Senin, 16 Jun 2025
Jun
11

PELATIHAN JABATAN AKADEMIK DOSEN...

Rabu, 11 Jun 2025
Dec
16

KULIAH TAMU DIII SI

Senin, 16 Dec 2024
Ruang Laksda Mardiono Lantai 1
Nov
13

INTERNATIONAL CLASS UNDIKA -RITSU...

Rabu, 13 Nov 2024
Lantai 3 Gedung Biru
Metode Pemograman Berorientasi pada Objek

Masih dalam serangkaian webinar series,kali ini program studi S1 Sistem Informasi mengusung tema"Object Oriented Design" yang dibawakan oleh Ibu Pradita Maulidya Efendi, M.Kom. Dosen S1 Sistem Informasi ini memaparkan sejumlah materi yang bisa dibilang cukup menarik untuk disimak dan dipelajari. Webinar yang berlangsung dari pukul 18.30 - 20.00 WIB ini dipandu oleh Bapak Yoppy Mirza Maulana, S.Kom., M.MT. 

Adapun garis besar dari isi materi tersebut adalah :

1. Konsep dari Object Oriented Design (OOD)

2. Tujuh (7) prinsip Object Oriented Design (OOD)

3. S.O.L.I.D (Single. Open/Closed. Liskov Subtitution. Interface Segregation, Dependencies Inversion)  

4. U.M. L (Unified Modelling Languange)

Masuk ke lingkup pembahasannya, prinsip dasar dari OOD ini ada beberapa tahapan yakni:

1. Encapsulation merupakan proses dimana sebuah  penanganan data ditempatkan di dalam wadah tunggal yang disebut class. Saat menggunakan capsulation, data dapat diisolasi dan tidak dapat diakses dari luar.

2. Abstraction adalah mekanisme saat proses dalam sebuah objek disembunyikan, mirip dengan capsulation, namun Abstraction berfokus pada apa yang dilakukan objek tanpa harus mengetahui apa yang dilakukan.

3. Inherintance dapat didefinisikan sebagai proses dimana suatu objek memperoleh sifat dan perilaku dari objek lainnya.

4. Polymorphism merupakan kemampuan objek, variable,atau fungsi yang dapat memiliki berbagai bentuk.

5. Modularity adalah prinsip desain yang membagi system menjadi modul-modul independen yang lebih kecil berdasarkan fungsionalitas.

6.  Association, Aggregation, Composition. Association merupakan relasi dari 2 komponen atau lebih. Aggregation adalah jenis asosiasi khusus yang mewakili hubungan “memiliki’, dimana simbol diamond putih digunakan untuk mengarah pada class yang memiliki. Composition melibatkan ketergantungan siklus hidup yang kuat antar objek.

7. Coupling and Cohesion adalah prinsip yang berkaitan dengan perorganisasian objek dan interaksinya.

Sementara S.O.L.I.D design principle untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan tujuan kode yang kita buat dapat dengan mudah di ekstensi dan dipertahankan serta komponen dasarnya dapat digunakan kembali dalam bentuk software system yg lain.

Sedangkan U.M.L itu sendiri adalah nota grafis yang terdiri dari beberapa diagram untuk memodelkan perangkat lunak terdiri dari Use Case, Class Diagram, Sequence Diagram, Activity Diagram, Statechart Diagram(krl)