Agenda Fakultas
Aug
28

KUNJUNGAN PROF. VIKTOR KRYSSANOV...

Rabu, 28 Aug 2024
Ruang Rapat FTI Lantai 3 Gedung Biru
Aug
27

LOMBA FITCOM 2024

Selasa, 27 Aug 2024
Universitas Dinamika
Aug
13

KOORDINASI PROGRAM STUDI S1 TEKNI...

Selasa, 13 Aug 2024
Ruang Rapat Gedung Merah Lantai 2
Aug
12

HKI BERSAMA BAPAK SURYA NALA PRAY...

Senin, 12 Aug 2024
Ruang Laksda Mardiono Lantai 1
Aug
07

DISKUSI DENGAN UNIVERSITAS HAYAM...

Rabu, 07 Aug 2024
Ruang Rapat Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jul
23

WORKSHOP AKREDITASI PRODI S1 SI -...

Selasa, 23 Jul 2024
Ruang Rapat Fakultas Teknologi dan Informatika
Feb
20

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 20 Feb 2024
Laboratorium PLC (Lantai 8)
Jan
23

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 23 Jan 2024
Laboratorium Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Metode Pemograman Berorientasi pada Objek

Masih dalam serangkaian webinar series,kali ini program studi S1 Sistem Informasi mengusung tema"Object Oriented Design" yang dibawakan oleh Ibu Pradita Maulidya Efendi, M.Kom. Dosen S1 Sistem Informasi ini memaparkan sejumlah materi yang bisa dibilang cukup menarik untuk disimak dan dipelajari. Webinar yang berlangsung dari pukul 18.30 - 20.00 WIB ini dipandu oleh Bapak Yoppy Mirza Maulana, S.Kom., M.MT. 

Adapun garis besar dari isi materi tersebut adalah :

1. Konsep dari Object Oriented Design (OOD)

2. Tujuh (7) prinsip Object Oriented Design (OOD)

3. S.O.L.I.D (Single. Open/Closed. Liskov Subtitution. Interface Segregation, Dependencies Inversion)  

4. U.M. L (Unified Modelling Languange)

Masuk ke lingkup pembahasannya, prinsip dasar dari OOD ini ada beberapa tahapan yakni:

1. Encapsulation merupakan proses dimana sebuah  penanganan data ditempatkan di dalam wadah tunggal yang disebut class. Saat menggunakan capsulation, data dapat diisolasi dan tidak dapat diakses dari luar.

2. Abstraction adalah mekanisme saat proses dalam sebuah objek disembunyikan, mirip dengan capsulation, namun Abstraction berfokus pada apa yang dilakukan objek tanpa harus mengetahui apa yang dilakukan.

3. Inherintance dapat didefinisikan sebagai proses dimana suatu objek memperoleh sifat dan perilaku dari objek lainnya.

4. Polymorphism merupakan kemampuan objek, variable,atau fungsi yang dapat memiliki berbagai bentuk.

5. Modularity adalah prinsip desain yang membagi system menjadi modul-modul independen yang lebih kecil berdasarkan fungsionalitas.

6.  Association, Aggregation, Composition. Association merupakan relasi dari 2 komponen atau lebih. Aggregation adalah jenis asosiasi khusus yang mewakili hubungan “memiliki’, dimana simbol diamond putih digunakan untuk mengarah pada class yang memiliki. Composition melibatkan ketergantungan siklus hidup yang kuat antar objek.

7. Coupling and Cohesion adalah prinsip yang berkaitan dengan perorganisasian objek dan interaksinya.

Sementara S.O.L.I.D design principle untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan tujuan kode yang kita buat dapat dengan mudah di ekstensi dan dipertahankan serta komponen dasarnya dapat digunakan kembali dalam bentuk software system yg lain.

Sedangkan U.M.L itu sendiri adalah nota grafis yang terdiri dari beberapa diagram untuk memodelkan perangkat lunak terdiri dari Use Case, Class Diagram, Sequence Diagram, Activity Diagram, Statechart Diagram(krl)