Agenda Fakultas
Feb
20

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 20 Feb 2024
Laboratorium PLC (Lantai 8)
Jan
23

SHARING SESSION "DASAR PEMROGRAMA...

Selasa, 23 Jan 2024
Laboratorium Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Jan
16

SHARING SESSION "PEMODELAN SISTEM...

Selasa, 16 Jan 2024
Lab. Aristoteles (Lantai 6 Gedung Biru)
Apr
05

WORKSHOP "TEKNIK MENYUSUN BUKU MO...

Rabu, 05 Apr 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
06

KULIAH TAMU DARI RITSUMEIKAN UNIV...

Senin, 06 Mar 2023
Ruang Lakda Mardiono
Mar
02

SEMINAR PENULISAN ILMIAH BAGI MAH...

Kamis, 02 Mar 2023
Ruang Laksda Mardiono
Mar
01

PERTEMUAN DOSEN AWAL SEMESTER 22....

Rabu, 01 Mar 2023
Gedung Serba Guna
Feb
23

1 JAM BERSAMA PRAKTISI MENGAJAR

Kamis, 23 Feb 2023
online
Praktikum Elektronika

Praktikum Elektronika merupakan salah satu mata kuliah yang ada di jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Dinamika. mahasiswa yang dapat mengambil praktikum ini minimal berada pada semester 4 perkuliahan dan lulus dengan mata kuliah prasyarat yaitu mata kuliah Elektronika Dasar. Praktikum ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menerapkan teori elektronika yang sudah mereka pelajari di dalam kelas. Dalam praktikum elektronika, mahasiswa akan melakukan berbagai macam kegiatan seperti merancang, membangun, dan menguji rangkaian elektronika sederhana sampai yang kompleks.


Manfaat dari praktikum elektronika cukup banyak. Pertama, praktikum ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan praktis dan kemampuan dalam menerapkan teori-teori yang telah dipelajari di dalam kelas. Kedua, praktikum elektronika membantu mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka dalam merancang dan membangun rangkaian elektronika. Ketiga, praktikum ini juga memberika kesempatan bagi mahasiswa untuk berkolaborasi dengan teman-teman mereka dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Selain manfaat di atas, praktikum elektronika juga membantu mahasiswa untuk lebih memahami konsep-konsep dasar dalam elektronika seperti sirkuit listrik, transistor, dioda, dan lain sebagainya. Dan praktikum elektronika ini menjadi dasar dari praktikum-praktikum berikutnya mengenai otomasi seperti praktikum PLC, praktikum sistem tertanam, praktikum sistem pengaturan dimana di dalamnya akan lebih mempelajari bagaimana merangkai komponen-komponen dasar elektronika menjadi kesatuan yang dapat digunakan sesuai tujuan. Dalam praktikum elektronika, mahasiswa juga diajarkan untuk melakukan pengukuran sirkuit menggunakan alat-alat pengukur seperti multimeter, oscilloscope, dan function generator.  (Fin)